Home » Rekomendasi 10 Usaha Rumahan Mudah Yang Bisa Kalian Coba
Bisnis

Rekomendasi 10 Usaha Rumahan Mudah Yang Bisa Kalian Coba

Gaji kebanyakan karyawan yang tidak seberapa terkadang tak cukup untuk menutup kebutuhan sehari – hari serta gaya hidup mereka. Karena itulah, banyak dari mereka yang mencari pendapatan tambahan untuk mencukupinya.

Salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis sampingan di rumah. Sayangnya, masih banyak yang meremehkan bisnis ini. Padahal, banyak sekali orang yang sukses dalam menggarap bisnis rumahan mereka.

Apalagi, jika kalian merupakan ibu rumah tangga yang sehari – harinya sibuk, bisnis rumahan bisa menjadi bisnis yang tepat untuk kalian jalani. Bisnis ini tidak mengharuskan kalian untuk keluar rumah dan masih bisa memberikan keuntungan utnuk kalian. Nah, di bawah ini kami akan berikan ide usaha rumahan yang menjanjikan untuk kalian.

1. Produksi Snack

Produksi Snack

Ide bisnis rumahan satu ini mudah dilakukan dan sangat erat kaitanya dengan ibu – ibu. Karena, siapa sih yang tak suka dengan snack? Makanan kecil ini biasa menemani berbagai aktivitas mulai dari yang santai seperti menonton TV hingga yang serius seperti rapat.

Bisnis snack ini punya jangkauan pasar yang sangat luas. Karena itulah, kalian akan memiliki peluang besar untuk masuk ke bisnis yang satu ini dan diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Untuk pemasarannya, kalian bisa menggunakan media sosial atau menawarkan langsung ke tetangga sekitar rumah.

Atau, kalian juga bisa memanfaatkan internet untuk menjual produk snak yang kalian produksi. Kalian juga bisa memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, atau Shopee sesuai preferensi kalian dan kalian juga bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromodikan bisnis snack kalian.

2. Katering

Katering

Sibuk bekerja mungkin seringkali menjadi penyebab kenapa makan tidak teratur. Jarang sekali pekerja memiliki waktu luang untuk memasak makanan. Karena itulah, mereka lebih memilih untuk memesan katering.

Jika kalian tinggal di kota besar, kalian bisa mencoba membuka usaha katering harian. Target pasarnya adalah para pekerja dan mahasiswa. Bisnis ini cocok untuk kalian yang ahli dan juga senang memasak.

Kalian bisa membuat menu – menu makanan yang sehat dan lezat. Promosikanlah melalui sosial media untuk mendapatkan pelanggan. Dengan bisnis katering harian, jalian dituntut untuk kreatif dalam menyajikan makanan. Kalian bisa membuat menu yang beragam agar pelanggan kalian tak bosan.

3. Service Handphone

Service Handphone

Service handphone biasanya ditekuni oleh laki – laki. Namun, tak ada salahnya jika seorang ibu rumah tangga seperti kalian ingin menjalankan bisnis ini. Apalagi jika kalian sudah punya keahlian memperbaiki ponsel sebelumnya.

Modal yang diperlukan tak terlalu besar karena halian hanya membutuhkan peralatan seperti obeng, alat pemanas, lem, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk spareparts, kalian bisa membelinya jika pelanggan membutuhkan. Jadi kalian tak perlu menyediakan stok di permulaan bisnis.

4. Jasa Cuci Kendaraan

Jasa Cuci Kendaraan

Jumlah kendaraan pribadi selalu mengalami peningkatan setiap harinya, terutama sepeda motor. Hal ini didorong oleh kemudahan pengajuan kredit. Semakin banyaknya jumlah sepeda motor ternyata semakin besae peluang bisnis kalian loh.

Kalian bisa membuka jasa pencucian sepeda motor di rumah. Kalian tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis yang satu ini. Barang yang kalian butuhkan antara lain adalah kompresor, selang, sabun dan kain untuk mencuci.

Semuanya bisa kalian beli dengan harga sekitar 6 juta rupiah. Kompresor bekas juga sudah cukup dan kalian tak perlu membeli yang baru, asalkan masih berfungsi dengan baik, barang bekas pasang pun tak akan menjadi masalah.

5. Toko Kelontong

Toko Kelomtong

Bisnis rumahan modal kecil satu ini sudah banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah bisa diselesaikan sekaligus menunggu pembeli datang ke toko kelontong. Kalian juga bisa memanfaatkan area depan rumah untuk membangun toko.

Modal yang dibutuhkan juga tak begitu besar, kalian hanya perlu menyediakan bahan pokok saja terlebih dulu. Barang – barang jualan lainnya menyusul mengikuti kebutuhan masyarakat di sekitar kalian.

Misalnya jika kalian tinggal di daerah yang banyak perumahan, kalian bisa menjual beras, indomie, minyak, sabun mandi, sabun cuci piring, garam, dan lain – lain. Sedangkan jika kalian tinggal di daerah yang dekat dengan sekolah, kalian bisa menjual jajanan seperti ciki, permen, dan minuman dingin.

6. Laundry

Laundry

Jika kalian memiliki mesin cuci di rumah, kalian bisa memanfaatkan alat ini sebagai ide usaha rumahan. Ini bisa menjadi modal awal untuk membuka usaha laundry kiloan. Target pasar utamanya adalah tetangga sekitar rumah yang tak sempat mencuci pakaian mereka sendiri.

Kalian bisa menawarkan berbagai macam jasa seperti cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain – lain. Kunci kesuksesan bisnis laundry adalah selalu memuaskan konsumen. Jagalah setiap pakaian pelanggan agar selalu dalam keadaan baik.

Cucilah pakaian dengan bersih, tata dengan rapi, dan wangi. Selain laundry baju, kalian juga mungkin bisa menjalankan bisnis laundry sepatu. Apalagi anak muda zaman sekarang selalu ingin sepatunya terlihat bersih.

7. Penjahit

Penjahit

Jika kalian punya keahlian di bidang jahit menjahit, ini bisa menjadi peluang yang sangat cocok untuk kalian. Kalian bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan uang. Apalagi, jika di lingkungan sekitar kalian belum ada penjahit.

Biasanya, pesanan jahit akan meningkat pesat mendekati hari raya dan tahun ajaran baru. Di masa inilah waktu yang tepat untuk memulai membuka jasa jahit. Saat hari biasa dan tak banyak pesanan, kalian bisa mengerjakan perbaikan pakaian atau permak.

Jasa permak memang selalu dicari oleh masyarakat karena ukuran baju yang ada di toko seringkali tidak pas dengan badan pemakai. Namun, biasanya mereka menyukai modelnya karena itulah sayang sekali jika tidak digunakan sama sekali.

8. Jasa Pembukuan UMKM

Jasa Pembukuan UMKM

UMKM memerlukan pembukuan yang teratur agar usahanya bisa berjalan dengan lancar, tujuan dilakukan pembukuan adalah untuk memantau kondisi keuangan usaha. Jika kalian tinggal di sekitar tempat yang terdapat banyak UMKM, cobalah untuk menawakrna jasa pembukuan pada mereka.

Jasa ini bisa menjadi satu peluang usaha rumahan ibu rumah tangga. Untuk bea jasa, kalian bisa menawarkan nominal yang tak terlalu besar. Beberapa pelaku UMKM tak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menangani permasalahan pembukuan mereka sendiri.

Kalian bisa membantu mereka dengan jasa kalian. Apalagi jika kalian punya ilmu di bidang ekonomi dan paham bagaimana cara membukukan pendapatan. Mereka pasti akan sangat terbantu dan kalian akan mendapat uang tambahan.

9. Jual BPOB

Jual BPOB

Usaha rumahan modal kecil ini banyak digunakan sehingga kebutuhan masyarakat akan pulsa dan paket internet juga meningkat pesat. Kalian bisa memanfaatkan situasi ini untuk berbisnis dari rumah.

Menjual pulsa dan paket internet tidak memerlukan modal yang besar. Apalagi jika kalian berjualan di rumah. Dengan cara ini, kalian tak perlu lagi menyewa ruko dan lain sebagainya. Agar bisnis pulsa dan paket internet bisa terus berjalan, hindari memberikan utang kepada konsumen. Biasanya, memberikan utang bisa menghambat perputaran modal usaha.

10. Jasa Penitipan

Jasa Penitipan

Banyak orang yang tak kepikiran mengenai usaha rumahan yang lagi trend ini. Apalagi, orang – orang banyak yang suka keluar kota mereka mungkin akan menitipkan hewan peliharaan mereka karena tak bisa dibawa – bawa.

Atau, mereka mungkin akan mendatangi acara spesial yang tak bisa membawa bayi. Mereka mungkin akan menitipkan anak mereka kepada kalian. Nah, kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha jasa penitipan.

Jasa penitipan hewan mungkin akan lebih mudah. Kalian bisa memanfaatkan lahan sisa yang ada di rumah untuk merawat binatang yang dititipkan pada kalian. Jika mungkin, kalian juga bisa menawarkan jasa lain seperti grooming. Untuk jasa grooming, kalian bisa menggunakan sistem panggilan. Saat ingin menggunakan jasa, pelanggan akan menghubungi kalian melalui telepon atau pesan singkat.

Membuka bisnis rumahan memang bisa memberikan pemasukan tambahan. Ide – ide usaha seperti ini seringkali dilirik dan dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan lebih, mulai dari ibu rumah tangga, pegawai kantoran, hingga mahasiswa rela menekuninya.

Bukan tak mungkin jika usaha rumahan yang kalian mau buka malah menjado peluang usaha yang menjanjikan dengan keuntungan yang menarik. Karena itulah, coba dulu sebelum mengeluh ya! Semoga bermanfaat.