Home » Pengertian, Tips, Dan Peluang Bisnis Jasa Yang Harus Kamu Tahu
Bisnis

Pengertian, Tips, Dan Peluang Bisnis Jasa Yang Harus Kamu Tahu

Bisnis jasa banyak disukai karena tidak membutuhkan modal yang besar jika dibandingkan dengan bisnis di bidang komoditas. Karena, kalian bisa menghasilkan uang hanya dengan modal keahlian pada bidang tertentu saja. Bahkan, beberapa usaha jasa juga tak membutuhkan ongkos produksi sama sekali.

Usaha jasa sederhananya merupakan suatu bisang bisnis yang menjual serta menawarkan pelayanan jasa sebagai produknya. Pelayanan ini bisa berupa menjual kemampuan, ilmu, maupun keahlian di dalam bidang tertentu.

Penyedia jasa lalu nantinya akan memperoleh bayaran yang sesuai dengan jasa yang diterima kepada para pelanggan. Memulai usaha jasa membutuhkan modal yang lebih sedikit. Namun, tetap saja bisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan apalagi di bagian pendapatan.

Saat ini pun, bisnis jasa merupakan bisnis terlaris yang sedang berkembang dikarenakan banyak orang yang sudah bekerja lalu memilih untuk memiliki pekerjaan sampingan, yaitu menawarkan jasa sesuai keahlian mereka.

Ini sama dengan bisnis di bidang komoditi dimana pelayanan serta kepuasan pelanggan masih menjadi faktor yang paling penting untuk menjalani usaha jasa yang sukses. Selain itu, untuk menjalani bisnis ini, kepercayaan menjadi kunci dari kesuksesan kalian.

Apalagi dikarenakan jasa yang ditawarkan ini bukanlah benda yang berwujud sehingga pelanggan Cuma bisa percaya sepenuhnya saja kepada penyedia jasa.

Ciri – ciri / Karakteristik Bisnis Jasa

Ciri – ciri / Karakteristik Bisnis Jasa
  • Tidak menjual dan menyediakan produk dalam bentuk fisik: Bisnis jasa biasanya menjual produk yang tak bisa disimpan serta tak terlihat oleh mata namun bisa dirasakan manfaat serta nilainya.
  • Kegiatan utamanya adalah menjual jasa: Sesuai dengan pengertiannya, perusahaan ini menjual produk berupa jasa yang bermanfaat serta dibutuhkan oleh pelanggan.
  • Tidak ada harga baku dari jasa: Pasar jasa yang ditawarkan serta kebutuhan berbeda – beda. Apalagi, setiap penyedia jasa juga memiliki tingkat keahlian yang berbeda – beda sehingga mempengaruhi harga yang ia tetapkan.
  • Tidak memiliki harga pokok: Bisnis jasa tidak menjual produk yang berupa fisik sehingga bisnis ini tak membutuhkan bahan baku produksi yang berwujud. Hal ini membuat tak ada patokan margin keuntungan berdasarkan harga pokok untuk usaha jasa di bidang tertentu.

Peluang Bisnis di Bidang Jasa

Peluang Bisnis di Bidang Jasa

Peluang bisnis jasa memang sangat bagus serta memberikan janji keuntungan yang tinggi jika bisa dijalani dengan baik. Apalagi, sekarang ini masyarakat sudah lebih berkembang sehingga kebutuhan akan jasa – jasa yang baru juga lahir setiap harinya.

Coba bayangkan, sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa bisnis ojek online bisa sebesar sekarang. Nah saat ini, jasa ojek online sudah sangat dibutuhkan sehingga bisnis ini menjadi sangat vital bagi kehidupan masyarakat, apalagi di kota besar. Lalu, kenapa sih bisnis jasa memiliki peluang yang besar? Yuk simak di bawah ini.

  • Tidak membutuhkan modal besar: Usaha jasa hanya membutuhkan sedikit modal, tergantung dari bisnis jasa apa yang kalian pilih. Hal ini membuat margin keuntungan jadi lebih besar.
  • Tak perlu bingung memikirkan distribusi: Saat kalian memilih berbisnis di bidang jasa kalian tak perlu bingung memikirkan bagaimana cara untuk mendistribusikan produk kalian sampai ke tangan pelanggan. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah kualitas pekerjaan kalian agar pelanggan mendapatkan yang terbaik untuk harga yang mereka bayarkan.
  • Tak perlu bingung memikirkan stok barang: Usaha jasa lebih mementingkan keterampilan dan pelayanan yang bisa kalian berikan. Sehingga kalian tak perlu memikirkan tentang stok barang. Kalian hanya perlu menyediakan modal di awal bisnis kalian dan mempersiapkan strategi pengembangan bisnis yang baik.
  • Tak ada pengendapan modal: Pengendapan modal merupakan suatu biaya yang cukup besar yang harus disiapkan dalam sebuah bisnis di bidang produk fisik. Modal yang harus diendapkan ini dibutuhkan karena produk yang belum terjual harus selalu tersedia demi kelangsungan bisnis itu. Pada bisnis jasa, karena tak ada produk fisik yang dijual, maka kalian tak butuh mengendapkan modal.

Contoh Jenis Usaha Jasa

Contoh Jenis Usaha Jasa

Ada banyak sekali jenis bisnis jasa yang bisa mendatangkan untung kepada kalian sebagai pemilik bisnis. Contohnya:

  • Jasa Penerjemah: Jika kalian punya kemampuan dalam berbahasa asing, hal ini bisa kalian manfaatkan. Salah satu cara termudah dan tercepat adalah dengan menawarkan jasa penerjemah di website khusus untuk freelancer yang sudah banyak sekarang ini. Kalian juga bisa menawarkan jasa penerjemah di media sosial.
  • Jasa Penulisan Artikel: Untuk kalian yang punya kemampuan untuk menulis, kalian bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pemasukan tambahan dengan cara membuka jasa penulisan artikel atau konten tulisan berbayar lainnya. Sekarang ini ada banyak perusahaan dan pelaku usaha online yang memerlukan artikel ini diterbitkan baik di wesbite maupun blog.
  • Jasa Titip: Ada banyak penyedia jasa titip yang memberikan tawaran jasanya lewat instagram dan hasilnya cukup menggiurkan. Caranya juga sederhana, kalian hanya perlu datang ke salah satu tempat perbelanjaan dan memotret produknya lalu kalian upload ke media sosial. Kalian tinggal menunggu pelanggan yang tertarik lalu membelikan dan mengirimkan barang itu kepada pelanggan.
  • Fotografer: Bisnis fotografi atau dokumentasi ini juga merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi, jika kalian sudah memiliki kamera dan laptop sebelumnya. Kalian tak perlu mengeluarkan modal apapun lagi. Hasil yang didapat dari pekerjaan ini juga cukup besar loh.
  • Jasa Penjahit: Walaupun sekarang ini produksi baji jadi sudah sangat banyak dan menjamur, namun bisnis jasa jahitan juga masih tetap menjanjikan untuk kalian coba karena masih banyak pelanggan yang mencari jasa penjahit. Dengan bantuan media sosial pelanggan jasa kalian bisa saja datang dari luar kota.

Tips Membuka Usaha di Bidang Jasa

Tips Membuka Usaha di Bidang Jasa
  • Tentukan Bisnisnya: Sebelum kalian benar – benar membuka sebuah bisnis, kalian harus tahu dulu bisnis apa yang akan kalian buka serta bagaimana seluk beluk bisnis itu. Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah. Karena itulah kalian harus benar – benar siap agar tak mengecewakan pelanggan
  • Menentukan harga terbaik: Saat kalian sudah menentukan bisnis apa yang ingin kalian lakukan, kalian harus bisa menentukan harga terbaik untuk bisnis jasa kalian. Kalian bisa melakukan komparasi harga dari bisnis yang serupa
  • Manfaatkan media sosial: Pemasaran di era saat ini mengharuskan kalian bisa memanfaatkan media sosial sebaik – baiknya. Dengan media sosial, pelanggan kalian bisa datang dari mana saja. selain itu, media sosial merupakan hal pertama yang dicari oleh pelanggan sebelum memutuskan untuk mengunakan jasa kalian. Saat media sosial kalian tak menarik, calon pelanggan pasti akan berpikir dua kali sebelum menggunakan jasa kalian.
  • Memberikan layanan terbaik: Karena membuka bisnis jasa, kalian harus bisa memastikan jika pelanggan kalian mendapatkan pelayanan terbaik dari bisnis kalian. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis kalian ke depannya.
  • Tanggapi keluhan pelanggan: keluhan pelanggan jangan pernah kalian sepelekan karena itu merupakan kesempatan terbaik untuk mengembalikan kepercayaannya. Jika kalian tak bisa menanggapi keluhan tersebut dengan baik, maka pelanggan tersebut dipastikan tak akan pernah lagi mau menggunakan jasa kalian. Belum lagi efek snowball jika pelanggan tersebut memutuskan untuk menyebarkan ulasan negatif terhadap bisnis kalian.

Dengan memahami seluk beluk dari bisnis jasa, kalian dipastikan akan lebih siap untuk membuka bisnis jasa kalian sendiri. Apalagi, jika kalian menjalaninya secara disiplin. Pasti bisnis kalian akan banjir orderan. Sebaiknya, kalian juga memilih bisnis yang cocok dengan kalian dan memang kalian suka menjalaninya. Semoga bermanfaat.