Home » Cara Mengatur Keuangan Sendiri, Yuk Terapkan!
Keuangan

Cara Mengatur Keuangan Sendiri, Yuk Terapkan!

Mengelola penghasilan kita adalah skill yang harus dimiliki oleh semua orang. Hal ini dikarenakan ini sangat penting agar hidup kita lebih nyaman. Salah satu faktor di dalam mengatur keuangan yang seringkali disepelekan adalah menabung. Padahal, kalian bisa menggunakan prinsip 50 / 30 / 20 bisa kalian gunakan untuk mengatur keuangan bulanan kalian.

Apalagi, untuk kalian yang ingin menabung. Tabungan ini nantinya pasti bisa kalian gunakan untuk kebutuhan yang mendesak atau simpanan untuk masa tua nanti. Prinsip 50 / 30 / 20 ini juga dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren beserta putrinya, Amelia Warren Tyagi pada buku All Your Worth: The Ultimate Lifetimje Money Plan.

Peraturan dasarnya adalah dengan membedakan pendapatan bersih lalu mengalokasikannya. 50% untuk belanja kebutuhan sehari – hari, 30% untuk keinginan, lalu 20% untuk tabungan. Untuk mempermudah kalian, di bawah ini kami akan berikan cara mengatur keuangan pribadi kalian. Yuk simak.

1. Hitung Pendapatan Bulanan dan Ambang Pengeluaran Tiap Kategori

Hitung Pendapatan Bulanan dan Ambang Pengeluaran Tiap Kategori

Hitung pendapatan bulanan kalian dengan benar. Artinya, jumlahi semua uang yang kalian terima di rekening bank kalian setiap bulannya. Lalu, kalau kalian sudah bayar pajak, kurangilah jumlah pendapatan bulanan kalian dengan pajak. Barulah kalian akan mendapatkan pendapatan bersih kalian. Setelah itu, kalikan gaji kalian dengan 50% untuk kebutuhan sehari hari. Kebutuhan sehari – hari maksudnya adalah tagihan yang memang harus dan wajib kalian bayar.

Selain itu, juga meripakan hal – hal yang kalian butuhkan untuk bertahan hidup. Seperti sewa rumah, makanan, transportasi, bayar hutang, dan lain – lain. Lalu, sisihkan 30% untuk keinginan. Keinginan di sini maksudnya adalah tambahan kecil yang kalian keluarkan untuk menghibur kalian dan membuat kalian senang. Misalnya seperti dinner, nonton film, acara olahraga, liburan, dan lain – lain yang memang kalian sukai.

Sisanya 20% kalian gunakan untuk menabung. Menabung ini termasuk menabung untuk dana darurat, berinvestasi di reksa dana atau pasar saham. Kalian juga harus punya setidaknya 3 bulan tabungan darurat jika amit – amit kalian kehilangan pekerjaan atau terjadi hal tak terduga.

2. Rencanakan Anggaran Berdasarkan Ambang Pengeluaran

Rencanakan Anggaran Berdasarkan Ambang Pengeluaran

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah membuat daftar serta menghitung pengeluaran bulanan kalian di bawah setiap kategori lalu lihat apakah pengeluaran kalian kurang dari target bulanan yang kalian tetapkan di langkah sebelumnya.

Jangan lupa untuk selalu memantau serta melacak pengeluaran kalian setiap bulannya, jika perlu, buatlah perubahan agar kalian tetap berpegang pada ambang pengeluaran kalian nanti.

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk mengelola keuangan yang bisa kalian coba ikuti. Semoga bermanfaat.

About the author

mobidevdaydetroit