Home » Cara Mengatur Keuangan Sendiri, Yuk Terapkan!
Keuangan

Cara Mengatur Keuangan Sendiri, Yuk Terapkan!

Mengelola penghasilan kita adalah skill yang harus dimiliki oleh semua orang. Hal ini dikarenakan ini sangat penting agar hidup kita lebih nyaman. Salah satu faktor di dalam mengatur keuangan yang seringkali disepelekan adalah menabung. Padahal, kalian bisa menggunakan prinsip 50 / 30 / 20 bisa kalian gunakan untuk mengatur keuangan bulanan kalian.

Apalagi, untuk kalian yang ingin menabung. Tabungan ini nantinya pasti bisa kalian gunakan untuk kebutuhan yang mendesak atau simpanan untuk masa tua nanti. Prinsip 50 / 30 / 20 ini juga dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren beserta putrinya, Amelia Warren Tyagi pada buku All Your Worth: The Ultimate Lifetimje Money Plan.

Peraturan dasarnya adalah dengan membedakan pendapatan bersih lalu mengalokasikannya. 50% untuk belanja kebutuhan sehari – hari, 30% untuk keinginan, lalu 20% untuk tabungan. Untuk mempermudah kalian, di bawah ini kami akan berikan cara mengatur keuangan pribadi kalian. Yuk simak.

1. Hitung Pendapatan Bulanan dan Ambang Pengeluaran Tiap Kategori

Hitung Pendapatan Bulanan dan Ambang Pengeluaran Tiap Kategori

Hitung pendapatan bulanan kalian dengan benar. Artinya, jumlahi semua uang yang kalian terima di rekening bank kalian setiap bulannya. Lalu, kalau kalian sudah bayar pajak, kurangilah jumlah pendapatan bulanan kalian dengan pajak. Barulah kalian akan mendapatkan pendapatan bersih kalian. Setelah itu, kalikan gaji kalian dengan 50% untuk kebutuhan sehari hari. Kebutuhan sehari – hari maksudnya adalah tagihan yang memang harus dan wajib kalian bayar.

Selain itu, juga meripakan hal – hal yang kalian butuhkan untuk bertahan hidup. Seperti sewa rumah, makanan, transportasi, bayar hutang, dan lain – lain. Lalu, sisihkan 30% untuk keinginan. Keinginan di sini maksudnya adalah tambahan kecil yang kalian keluarkan untuk menghibur kalian dan membuat kalian senang. Misalnya seperti dinner, nonton film, acara olahraga, liburan, dan lain – lain yang memang kalian sukai.

Sisanya 20% kalian gunakan untuk menabung. Menabung ini termasuk menabung untuk dana darurat, berinvestasi di reksa dana atau pasar saham. Kalian juga harus punya setidaknya 3 bulan tabungan darurat jika amit – amit kalian kehilangan pekerjaan atau terjadi hal tak terduga.

2. Rencanakan Anggaran Berdasarkan Ambang Pengeluaran

Rencanakan Anggaran Berdasarkan Ambang Pengeluaran

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah membuat daftar serta menghitung pengeluaran bulanan kalian di bawah setiap kategori lalu lihat apakah pengeluaran kalian kurang dari target bulanan yang kalian tetapkan di langkah sebelumnya.

Anggaran ini akan dibutuhkan sebagai sebuah acuan dalam segala perhitungan finansial kalian. Mulai dari pemasukkan, pengeluaran, dan kebutuhan untuk berinvestasi serta akses kepada layanan kesehatan kalian. Dengan memperhatikan anggaran keuangan sebagai salah satu cara mengelola keuangan, maka kalian bisa menentukan aspek apa saja yang kalian butuhkan dan perlukan.

Penentuan ini akan berguna agar kalian tidak mengeluarkan uang untuk hal – hal yang tak diperlukan atau tak dibutuhkan sekaligus membuat kalian lebih disiplin lagi dalam menentukan prioritas demi mengelola kondisi finansial agar selalu balance atau bahkan jika bisa malah mendapatkan keuntungan. Anggaran ini juga akan berguna untuk menentukan berapa biaya yang kalian butuhkan per bulannya.

Jangan lupa untuk selalu memantau serta melacak pengeluaran kalian setiap bulannya, jika perlu, buatlah perubahan agar kalian tetap berpegang pada ambang pengeluaran kalian nanti.

3. Belajar Menabung atau Investasi

Belajar Menabung atau Investasi

Kalian mungkin sudah bosan mendengar kata menabung. Namun, menabung sampai sekarang ini merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang baik serta terbukti ampun. Apalagi kalau kalian saat ini sedang menyiapkan kehidupan di masa depan yang lebih baik. Dengan menabung, kalian secara tidak langsung akan menyisihkan uang yang kalian punya untuk kebutuhan di masa depan yang sifatnya terencana ataupun tidak.

Sehingga, kalian nantinya tak perlu merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan di masa depan nanti. Namun, kalian harus paham bahwa cara mengelola keuangan dengan menabung ini membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Karena, kalian harus rela menyisihkan penghasilan kalian dengan nominal yang kalian tentukan sendiri dan tak bisa digunakan dalam waktu dekat, Demi memperlancar cara mengelola keuangan dengan menabung, kalian juga bisa mengubah gaya hidup kalian pelan – pelan. Kalian bisa mulai menghindari pengeluaran berlebihan serta mengalokasikan dana itu ke dalam tabungan kalian.

Investasi juga memiliki peran yang cukup penting dalam menghadirkan kondisi finansial yang kuat. Cara mengelola keuangan dengan mengalokasikan dana ke dalam sebuah instrumen investasi bukan hanya bisa menjaga kondisi keuangan kalian. Namun, Investasi juga bisa membawa keuntungan sehingga kondisi finansial kalian akan bertambah kuat seiring berjalannya waktu. Dengan kondisi keuangan yang kuat, maka kalian akan lebih mudah merealisasikan kehidupan ideal di masa depan tanpa rasa khawatir.

4. Hindari Berhutang

Hindari Berhutang

Utang adalah salah satu kendala dalam menentukan cara untuk mengelola keuangan dengan baik. Karena, dengan berhutang, kalian jadi harus menyisihkan penghasilan kalian untuk mengalokasikannya untuk membayar tagihan setiap bulannya. Agar kalian bisa menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya kalian perlu menyelesaikan semua bentuk utang yang kalian punya.

Menyelesaikan utang ini bisa menjadi langkah awal dalam mengelola keuangan kalian di masa depan. Kalian bisa mengalokasikan dana yang sebelumnya dikeluarkan untuk membayar tagihan untuk hal bermanfaat lainnya seperti investasi atau menabung. Kalian juga bisa mempersingkat waktu dan lebih cepat menemukan cara kalian dalam mengelola keuangan yang sesuai dengan diri kalian.

5. Miliki Bayangan Kehidupan di Masa Depan

Miliki Bayangan Kehidupan di Masa Depan

Selain melakukan kegiatan dalam melatih kalian menentukan cara mengelola keuangan yang cocok dengan kalian, ternyata membayangkan atau mempunyai impian yang jelas juga bisa membantu kalian memotivasi diri kalian agar lebih memiliki kondisi keuangan yang sehat.

Dengan membayangkan kehidupan apa yang kalian mau di masa depan, maka kalian bisa membuat rencana yang lebih baik lagi terutama untuk perjalnan karir kalian. Cara ini berasal dari keinginan kalian mengenai kehidupan ideal yang ingin kalian realisasikan. Karena itulah, kekuatan dari impian ini bisa cukup besar dalam mempengaruhi kebiasaan kalian dalam mengelola finansial secara lebih baik.

Mengatur keuangan pribadi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika kita disiplin dan tahu apa tujuan kita mengelola keuangan, pasti kita akan lebih rajin dan lebih berusaha untuk menggapainya. Nah, untuk memulainya, kalian bisa melakukan beberapa tips dan cara di atas terlebih dulu. Semoga bermanfaat.

About the author

mobidevdaydetroit