Home » Inilah 15 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik dan Benar!
Tips

Inilah 15 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik dan Benar!

Gaji yang besar maupun kecil memang seringkali mempengaruhi cara mengelola uang di rumah agar terhindar dari kondisi keuangan yang sulit. Apalagi, jika gaji kalian termasuk fixed income alias gaji bulanan yang tetap dengan kebutuhan hidup yang naik turun.

Bagi mereka yang gajinya kecil, pasti akan sangat kesulitan untuk menimpan uang. Bahkan, tak jarang juga ada yang kehabisanh uang di pertengahan bulan. Hal ini mungkin saja terjadi karena mereka tak bisa mengelola gaji bulanan mereka dengan baik dalam memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.

Terlebih lagi, setiap keluarga pasti punya rencana mereka masing – masing yang beberapa rencana tersebut mungkin memerlukan banyak uang. Karena itulah, kita harus punya rencana untuk mengatur keuangan rumah tangga agar apa yang kita rencanakan bisa berhasil.

Untuk membantu kalian, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil yang bisa kalian coba lakukan.

1. Lakukan Evaluasi Cicilan / Biaya Rumah

Lakukan Evaluasi Cicilan / Biaya Rumah

Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah atau KPR sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Ada baiknya cicilan rumah tak lebih dari 25% dari total gaji yang diperoleh untuk setiap bulannya.

Kalian bisa menmcari KPR yang menawarkan cicilan terkecil. Atau, jika belum bisa menyicil rumah, kalian bisa mencari kontrakan yang murah. Karena pasti akan ada beberapa penawaran yang sesuai kemampuan.

Jika mempunyai rumah sendiri, kalian bisa menyisihkan sebagian gaji untuk membuat tabungan atau berinvestasi. Jika masih lajang, kalian bisa menyewakan kamar itu untuk 1 atau 2 orang teman. Uang hasil sewa tersebut bisa membantu kalian membayar cicilan menjadi lebih murah.

2. Rencanakan Belanja Bulanan

Rencanakan Belanja Bulanan

Pemborosan keuangan juga biasanya terjadi karena kita menggunakan keuangan keluarga untuk mengikuti keinginan. Padahal, keinginan tersebut belum tentu menjadi kebutuhan. Karena itulah, cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang cenderung kecil adalah dengan membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis.

Belanja lah sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Saat sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, maka kalian sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun, jangan sampai kalian melebihi uang anggaran yang sudah disusun karena uang yan tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Bagilah daftar pengeluaran menjadi dua yaitu kebutuhan primer dan tersier. Kebutuhan primer antara lain makan, transport, tagihan rumah, cicilan, dan lain – lain. Sedangkan tersier antara lain anggaran untuk beli baju, jalan – jalan dan lainnya.

3. Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Belanja dengan kartu kredit memang mudah dan menyenangkan. Dan kartu kredit sebenarnya bisa membantu kita mengelola perencanaan keuangan keluarga jika digunakan dengan cerdas. Misalnya menggunakan promo yang diberikan untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Namun sayangnya, kartu kredit juga bisa membuat kita terjebak dalam utang jangka panjang jika digunakan secara sembarangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kiartu kredit merupakan cara termudah untuk menghabiskan uang.

Karena, selain sejumlah uang yang dibelanjakan juga ada bunga serta biaya administrasi kartu kredit. Jika kalian tak bisa mengontrol kartu kredit, sebaiknya lupakan kartu kredit jika ingin berhemat dan menyimpan uang.

Kebiasaan menggunakan kartu kredit secara sembarangan bisa membuat kita boros dan memberikan konsekuensi keuangan yang serius.

4. Miliki Pengatur Suhu Otomatis

Miliki Pengatur Suhu Otomatis

Pengatur suhu yang diprogram secara otomatis bisa membantu kalian menghemat uang sehingga lebih mudah menyisihkan uang untuk tabungan. Pilihlah AC dengan pengatur suhu ber daya energi rendah sehingga bisa menghemat energi dan hemat uang walaupun harga belinya sedikit lebih mahal dibanding model biasa.

Walaupun sudah diprogram secara otomatis, kalian masih bisa mengubah suhu rumah secara manual sesuai dengan keinginan kalian. Pengatur suhu yang canggih bisa kalian rasakan saat pemilik menjauh dari rumah sehingga otomatis bisa mengecilkan penggunaan energi.

Walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun kalian bisa lebih hemat energi dan lebih awet sehingga lebih hemat untuk jangka panjang.

5. Beli Barang Yang Masih Layak

Beli Barang Yang Masih Layak

Membeli barang yang masih layak digunakan juga bisa menghemat anggaran belanja, seperti mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan lain – lain. Banyak orang yang menawarkan penawaran murah untuk barang bekas yang sudah tak digunakan oleh mereka.

Terkadang, kalian juga bisa menemukan barang yang kotaknya sudah terbuka namun barang di dalamnya belum pernah digunakan, namun tak dijual dengan harga baru karena kemasan tersebut sudah dibuka.

Kalian bisa menemukan barang seperti ini di internet. Membeli barang ini bisa sangat membantu kita menghemat keuangan loh. Namun, kalian harus tetap berhati – hati dan mencarinya dengan seksama.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Cari Penghasilan Tambahan

Memanfaatkan waktu yang kita punya dengan mencari penghasilan tambahan juga bisa dicoba. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti menjual pulsa, jualan online, menjadi penulis lepas, dan sebagainya yang tak mengganggu pekerjaan utama.

Semakin banyak penghasilan tambahan yang kalian miliki, maka akan semakin banyak pula gaji yang bisa disisihkan untuk tabungan.

7. Kurangi Kebiasaan Makan di Luar atau Pesan Makan Online

Kurangi Kebiasaan Makan di Luar atau Pesan Makan Online

Makan sesekali di restoran dan pesan makan online memang tidak masalah. Namun jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan rutin maka akan menghabiskan gaji dengan cepat. Harga makanan di restoran setidaknya bisa mencapai 4x lipat dibanding makanan buatan sendiri.

Apalagi jika kalian keseringan pesan makanan online, maka biaya makan kalian pasti akan naik. Jika mau menghemat uang ada baiknya kalian membuat makanan sendiri di rumah. Usahakan untuk makan di restoran atau pesan makan online hanya sesekali saja dan tidak setiap hari.

8. Hemat Pengeluaran Untuk Beberapa Aktivitas

Hemat Pengeluaran Untuk Beberapa Aktivitas

Kalian bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran misalnya membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan sepele.

Simpan lah selisih uang kalian ke rekening tabungan secara berkala. Jika rumah dekat dengan tempat kerja, kalian juga bisa mengambil makan siang dan kopi di rumah sendiri. Pasti akan selalu ada cara untuk menghemat uang. Tinggal bagaimana kalian memanfaatkannya saja.

9. Manfaatkan Pay Later dengan Bijak

Manfaatkan Pay Later dengan Bijak

Dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, PayLater bukanlah hal yang baru. Kemudahan mendapatkan pinjaman uang secara online melalui aplikasi pinjaman atau e commerce ini bisa membuat kita lebih khilaf.

Pastikan kalian memanfaatkan PayLater dengan bijak, bukan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtof atau menggunakan paylater karena ingin belanja bukan karena kebutuhan penting. Kalian harus menyadari bahwa paylater sama saja dengan berhutang, jadi kalian akan tetap membayarnya dan tidak telat melunasi hutang tersebut.

10. Pilih Paket dan Gunakan Data Internet dengan Hemat

Pilih Paket dan Gunakan Data Internet dengan Hemat

Data internet memang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat di Indonesia. Apalagi saat ini semuanya serba online. Mau itu pekerjaan, bisnis, bahkan hingga sekolah dan pendidikan dilakukan secara online.

Otomatis, kalian pastinya akan memerlukan paket data internet atau koneksi Wifi di rumah. Agar hemat, usahakan untuk memilih paket data internet atau Wifi yang sesuai dengan kebutuhan kalian dengan harga yang sesuai budget.

11. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Kalian bisa berjalan kaki atau menaiki sepeda dan kendaraan umum dibandingkan menggunakan mobil untuk pergi ke toko atau bekerja. Kalian juga bisa menghemat uang bbm dan pasti bisa mendapatkan manfaat tambahan seperti badan semakin sehat dengan banyak berolahraga.

12. Manfaatkan Diskon dan Potongan Lainnya

Manfaatkan Diskon dan Potongan Lainnya

Belanja makin hemat dengan memanfaatkan diskon, gratis ongkir, hingga cashback saat belanja makanan maupun barang kebutuhan lainnya. Kalian jelas saja bisa menghemat banyak uang apalagi jika kalian pintar mencari diskon atau promo saat belanja offline maupun online.

13. Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Saat sudah berumah tangga, sudah pasti akan ada berbagai kebutuhan yang wajib dipenuhi. Contohnya kebutuhan sehari – hari seperti makan dan pendidikan. Namun, kebanyakan orang menggunakan keuangan bukan untuk kebutuhan yang wajib melainkan untuk belanja keinginan saja.

Bahkan, beberapa orang mengalokasikan uang untuk kebutuhan mereka, bukan keinginan. Padahal, banyak dari keinginan kita yang sebenarnya belum terlalu perlu. Misalnya membeli fashion terbaru, gadget terbaru, liburan, dan lain – lain.

Walau begitu, sebenarnya bukan berarti hal – hal tersebut dilarang untuk dipenuhi. Artinya, kalian baru boleh mengalokasikan dana untuk hal – hal itu setelah kebutuhan primer rumah tangga terpenuhi.

14. Hitung Seluruh Pendapatan

Hitung Seluruh Pendapatan

Untuk menghitung dan mengalokasikan keuangan rumah tangga secara efektif, yang perlu kalian lakukan adalah menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama 1 bulan. Pendapatan ini bukan hanya gaji bulanan namun juga termasuk intensif yang kalian dapat jika menerima upah lembur hingga keuntungan jika kalian berinvestasi.

Hal ini penting untuk dilakukan agar kita bisa menyeimbangkan dan membagi alokasi penghasilan yang dimiliki ke kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan menghitung seluruh pendapatan, maka mengatur keuangan rumah tangga akan menjadi lebih mudah.

15. Disiplin

Disiplin

Ada banyak cara untuk menghemat uang jika kalian mau melakukannya. Namun, disiplin dalam menjalankan rencana keuangan merupakan kunci terpenting untuk mengatur gaji yang kecil. Coba hitung berapa banyak penghematan dari setiap cara di atas dan simpan uang yang lebih untuk dana darurat atau ke rekening tabungan berkala untuk investasi.

Nah itulah beberapa cara mengatur keuangan dengan baik dalam suatu keluarga. Mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan tekad yang tepat, pasti lama kelamaan kita bisa mengatur keuangan kita dengan baik. Semoga bermanfaat.