Home » 10 Cara Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Para Pemula
Bisnis Tips

10 Cara Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Para Pemula

Membangun sebuah usaha memang bisa memberikan kita keuntungan maksimal. Namun, untuk membangunnya tentu membutuhkan usaha keras. Bahkan, sebelum membangunnya pun kita harus memikirkannya matang – matang terlebih dulu.

Mulai dari menyiapkan modal, berjuang, hingga mendapatkan hasil yang tak menentu dan masih banyak lagi. Karena itulah tak jarang orang menjadi malas dan menyerah duluan sebelum mereka memulai.

Padahal, banyak pengusaha yang memulai usaha mereka dari nol. Memang ada beberapa risiko yang akan dihadapi di awal membangun bisnis. Namun dengan kerja keras, semuanya akan bisa terbayarkan nantinya.

Nah, untuk kalian yang ingin memulai bisnis, di bawah ini kami akan berikan beberapa cara memulai bisnis online dari nol untuk kalian coba lakukan.

1. Tentukan Produk

Tentukan Produk

Sebelum memulai usaha, kalian harus menentukan terlebih dulu produk atau jasa apa yang mau kalian jual kepada konsumen. Kalian bisa menentukan hal ini dengan melakukan riset terlebih dulu. Agar lebih menonjol dan berbeda dengan merek lainnya, kalian bisa menjual barang yang bermanfaat atau unik.

Atau, kalian juga bisa menjual sesuatu yang memang kalian suka atau memang kalian memiliki passion di dalamnya. Selain karena menyukainya, kalian pun nantinya akan lebih bersemangat dan ingin menghadapi berbagai rintangan sehingga lebih cepat sukses.

2. Siapkan Visi Misi

Siapkan Visi Misi

Setelah menentukan produk apa yang akan kalian jual, maka kalian harus mempersiapkan rencana yang matang beserta visi misi yang jelas. Hal – hal ini merupakan kunci sukses sebuah usaha. Dengan menentukan rencana dan visi misi, kalian akan memiliki gambaran dan tujuan yang mau kalian capai.

Hal ini akan membantu kalian lebih fokus dan melangkah sesuai dengan jalur kalian. Selain itu, kejelasan visi misi juga bisa membuat kalian lebih mudah melakukan pinjaman, menemukan investir, serta menilai apakah usaha kalian memungkinkan untuk dimulai lalu dikembangkan.

3. Siapkan Modal

Siapkan Modal

Banyak orang yang takut untuk memulai usahanya dikarenakan mereka berpikir bahwa modal yang dibutuhkan cukup besar. Padahal, tak semua usaha sebenarnya membutuhkan modal yang besar. Kalau kalian punya kesulitan dalam permodala, kalian bisa memulai usaha kecil – kecilan dulu di rumah atau memanfaatkan media sosial yang gratis untuk melancarkan promosi kalian.

Catat serta hitung dengan rinci apa saja yang bisnis kalian butuhkan serta berapa biayanya. Siasati pula biaya yang akan digunakan agar lebih hemat. Misalnya jika kalian membutuhkan gerobak, kalian bisa mencoba mencari gerobak bekas agar lebih hemat.

Walaupun kalian harus mencarinya terlebih dahulu secara ekstra, namun setidaknya perjuangan tersebut akan terbayarkan setelah kalian berhasil menghemat banyak uang.

4. Terus Belajar

Terus Belajar

Menjadi seorang pebisnis memiliki arti bersedia untuk selalu belajar dan belajar. Saat ini kalian bisa mempelajari berbagai hal mengenai memulai usaha dari berbagai sumber seperti media sosial, website, berbincang dengan sesama pengusaha, lalu mengikuti pelatihan dan lain – lain.

Selain itu, kalian juga harus lebih terbuka dengan kritik serta nasihat orang lain. Hal ini akan sangat berguna untuk mengevaluasi bisnis kalian agar terus berkembang. Jangan lupa untuk melakukan riset pasar sebelum kalian berbisnis.

Kalian juga harus mempelajari dinamika pasar, siapa yang akan menjadi kompetitor dan bagaimana karakteristik target pasar bisnis kalian.

5. Rajin Mencatat

Rajin Mencatat

Saat kalian baru melakukan hal – hal baru seperti memulai usaha, sebenarnya wajar saja jika kalian menemukan satu atau dua hal yang kalian lupakan dan hal – hal yang kalian bingungkan. Untuk mengatasinya, biasakan untuk mencatat detail – detail barang, operasional, dan juga tantangan yang kalian hadapi.

Catatan ini nantinya akan bisa kalian gunakan untuk mengingatkan apa yang terlupakan, apa yang harus kalian beli dan apa yang harus kalian lakukan dan dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi nantinya.

6. Disiplin Waktu

Disiplin Waktu

Manajemen waktu juga merupakan hal yang cukup sulit dilakukan oleh orang – orang yang memulai bisnis mereka dari nol. Jika kalian menganggap usaha kalian masih kecil sehingga tak memerlukan pengelolaan yang terus menerus, itu salah besar. Karena, orang akan menjadi bisa jika terbiasa.

Disiplin waktu juga sangat penting untuk diterapkan baik untuk usaha kecil maupun besar. Tentukanlah jam operasional usaha kalian. Hal ini akan membantu kalian lebih disiplin dalam waktu kerja serta lebih produktif setiap harinya.

7. Jangan Takut Gagal

Jangan Takut Gagal

Mengambil keputusan untuk memulai usaha memanglah punya risiko yang cukup besar. Namun kalain kalian dari awal sudah merasa takut gagal, bisa jadi usaha kedepannya juga akan gagal. Mulailah untuk memantapkan hati kalian sebelum memutuskan pilihan untuk berbisnis. Karena kalau masih setengah hati, kalian akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan.

Kalian harus bisa yakin pada diri kalian sendiri dan membuang semua ketakutan mengenai kegagalan. Memang sih kegagalan bisa saja terjadi, namun sebagai seorang pebisnis sejati kalian harus bisa bangkit serta belajar dari kegagalan itu. Jangan pernah coba – coba untuk mundur saat tak berjalan sesuai dengan rencana kalian.

8. Kelola Keuangan Dengan Baik

Kelola Keuangan Dengan Baik

Walaupun kalian baru saja memulai usaha baru dengan modal yang mungkin kecil, bahan baku yang masih sedikit, serta promosi yang sedikit, namun tetap saja kalian harus mengelola keuangan kalian sebaik mungkin.

Manajemen keuangan bukan hanya dilakukan saat usaha sudah besar saja. Pengelolaan keuangan bisnis harus dilakukan sejak awal sehingga bisa mempermudah kalian dalam mengembangkan bisnis. Latihlah diri kalian untuk mencatat semua transaksi yang dilakukan baik sebelum maupun setelah penjualan.

9. Fokus

Fokus

Memiliki banyak usaha memang bisa memberikan keuntungan yang berlipat. Namun di sisi lain sebenarnya bisa merusak fokus kalian yang justru akan membuat kalian rugi. Karena itulah, jangan buru – buru ingin menambah keuntungan dengan memulai usaha kedua.

Pastikan usaha yang saat ini kalian jalankan sudah benar – benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan – kebutuhan lainnya. Kalau sudah stabil, barulah kalian bisa buat rencana bisnis selanjutnya. Kalian juga bisa mengikuti seminar maupun online course.

10. Buat Customer Experience

Buat Customer Experience

Tips memulai usaha yang terakhir adalah membuat customer experience. Jika produk kalian mungkin sudah sedikit banyak laku, kalian bisa menhingkatkan penjualan. Yang perlu kalian lakukan hanyalah memanjakan konsumen saja.

Caranya, kalian bisa menambah variasi metode pembayaran, meningkatkan customer support, memperluas pengiriman, dan masih banyak lagi. Agar tahu apa yang dibutuhkan konsumen, kalian bisa membuat kuisioner atau survey. Di sini, kalian bisa lebih tahu hal yang sudah pasti berdampak signifikan untuk bisnis kalian.

Tips memulai bisnis di atas bisa kalian lakukan dan laksanakan agar bisnis kalian lebih lancar dan kalian juga akan lebih mudah menjalankannya. Yang penting adalah kalian harus yakin dulu pada diri kalian dan disiplin dalam menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat.