Home ยป Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula
Investasi

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Di jaman sekarang ini, segala sesuatu memang lebih dimudahkan serta lebih praktis. Apalagi dalam berinvestasi. Sekarang, menyelami pasar modal, memperoleh informasi, hingga melakukan transaksi saham pun bisa dilakukan dari satu aplikasi saja.

Aplikasi investasi ini memang tujuannya untuk membantu para investor baik pemula maupun profesional untuk berinvestasi secara nyaman dan aman serta menyajikan rekomendasi instrumen yang tepat hingga informasi perusahaan agar bisa menekan angka kerugian dan memaksimalkan keuntungan sehingga investor tak kapok saat berinvestasi.

Berbagai aplikasi ini juga menyajikan berita โ€“ berita terkini seputar emiten, ekonomi makro, Bursa Efek Indonesia atau BEI, dan lainnya. Aplikasi investasi ini juga menyuguhkan informasi terkait nilai market cap, Price Earning Ratio atau PER, Price Book Value atau PBV emiten โ€“ emiten yang ada di aplikasi saham itu.

Nah, untuk kalian para pemula yang mungkin belum tahu banyak apa saja sih aplikasi saham yang bisa membantu kalian berinvestasi, di bawah ini kami akan berikan rekomendasi aplikasi saham terbaik untuk kalian.

1. Bibit

Bibit

Jika kalian menginginkan aplikasi jual beli saham yang bisa sekaligus reksadana, kalian mungkin bisa menjadikan Bibit sebagai pilihan. Penggunaan bibit juga mudah sehingga sangat cocok bagi para pemula. Aplikasi ini nantinya bisa menjadi asisten kalian dalam berinvestasi.

Karena, saat nasabah melakukan pendaftaran, Bibit akan melakukan seleksi berdasarkan profil, usia, penghasilanm risiko, hingga target investasi jadi investor tak perlu bingung ke mana sebaiknya dana disimpan.

Aplikasi yang sudah mengantongi izin OJK ini juga mematok minimal investasi yang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000 saja investor sudah bisa melakukan transaksi investasi di Bibit. Di sini kalian juga mendapatkan bebas pajak karena reksadana bukanlah objek pajak.

2. IPOT

IPOT

Indo Premier Skuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia. IPOT menawarkan investasi di pasar modal baik untuk perorangan maupun untuk korporasi yang sudah mengantongi izin dari OJK Nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Perusahaan ini sendiri sudah ada dan berdiri sejak tahun 1996 dan berhasil menempatkan namanya pada posisi teratas dalam persaingan pasar obligasi paruh pertama 2019 dengan volume transaksi menyentuh Rp 10 triliun serta menguasai 20% pangsa pasar.

Produk layanan yang ditawarkan juga banyak mulai dari investasi reksadana, investment banking, perencanaan keuangan, fixed income sales and trading, hingga equity sales and trading. Mereka juga menjadi aplikasi sekuritas populer di Indonesia dengan menawarkan investasi saham, reksadana, dan Exchange Traded Fund atau ETF.

Salah satu fitur unggulan aplikasi ini adalah Robo Trading dan Fund Evaluator yang bisa menjalankan semua instruksi order jual dan beli di saham serta harga yang sudah ditentukan sehingga investor juga tak akan kehilangan kesempatan untuk bertransaksi di harga yang diincar.

3. Bareksa

Bareksa

Bareksa juga merupakan salah satu aplikasi investasi yang banyak disukai oleh penggiat pasar modal. Bareksa bisa dibilang praktis karena segala aktivitas mulai dari pendaftaran hingga transaksi sudah dilakukan secara daring.

Aplikasi satu ini sudah mendapat pengawasan OJK dan menawarkan lebih dari 150 produk reksadana, baik konvensional maupun syariah. Selain itu, ada lebih dari 50 manajer investasi yang siap membantu para pemodal mencapai target investasi mereka.

4. Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas

Salah satu aplikasi trading saham terbaik ini merupakan perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak tahun 1994 dengan nama Monas Buana Securities yang seringkali menduduki Top 3 Stock Exchange.

Lalu di tahun 2018, perusahaan ini sukses mendatatkan namanya sebagai sekuritas terbaik yang ada di Indonesia. Lalu per September 2020 lalu, perusahaan ini pun berhasil mencetak nilai transaksi saham tertinggi, yaitu sebesar Rp 227,12 triliun.

Ada lumayan banyak layanan yang ditawarkan oleh Mirae Asset Sekuritas, seperti transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi, transaksi saham dan reksadana online untuk produk konvensional maupun syariah, transaksi saham secara margin, hingga riset perusahaan dan ekonomi.

Mirae Asset Sekuritas juga memiliki 2 aplikasi yaitu HOST dan NEO HOST. Walaupun minimum depositnya cukup besar yaitu Rp 10 juta, namun fee transaksi saham di Mirae cukup rendah yaitu 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk beli.

5. Stockbit

Stockbit

Stockbit awalnya merupakan sebuah forum tikar informasi para investir terkait emoten ataupun rekomendasi saham. Namun, tak lama kemudian forum ini semakin membesar hingga bisa mempengaruhi pergerakan harga di pasar modal.

Seiring berjalannya waktu, stockbit pun lalu berubah menjadi sebuah aplikasi investasi saham di mana kalian bisa berdiskusi, menganalisis, hingga trading saham. Aplikasi ini juga memungkinkan kalian belajar saham serta melakukan simulasi jual beli saham secara online.

6. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas

Anak perusahaan daro PT BNI ini bergerak pada bidang pasar modal yang melayani transaksi saha, obilgasi, investment banking, hingga assets management. Perusahaan ini berdiri sehak 1995 dan meraih gelar terbaik untuk The Most Active Securities Company dari Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI pada 2018.

BNI sekuritas juga sudah mendapatkan izin sebagai perantara pedagang efek OJK dengan nomor KEP-19/PM/1995 dan Nomor: KEP-21/PM.2/2017. Selain itu, sekuritas ini juga memiliki izin usaha di bidang penjamin emisi efek dengan Nomor: KEP-20/PM/1995 dan KEP-20/PM.2 2017.

Perusahaan ini menawarkan pelayanan berupa investment banking, equity brokeragem fixed income brokerage, mutual fund selling agent, dan lain โ€“ lain. Bahkan, BNI sudah menjangkau pemodal yang bergerak secara online melalui website dan aplikasi BIONS Mobile. Untuk mulai bertransaksi di sini, kalian perlu menyiapkan setoran awal sebesar Rp 1.000.000.

7. Ajaib

Ajaib

Aplikasi satu ini diketahui sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang dan punya panduan serta rekomendasi produk yang sesuai dan paling memberikan profit dengan merujuk pada kondisi keuangan para investor.

Anak usaha dari Ajaib Grup ini juga sangat sigap dalam memberikan informasi mengenai waktu jual beli saham terbaik sehingga para pemodal bisa memaksimalkan keuntungan yang mereka peroleh. Selain itu, ajaib juga sudah mendapat izin operasi dari BEI dan OJK loh.

8. MNC Sekuritas

MNC Sekuritas

MNC Sekuritas merupakan salah satu aplikasi investasi saham yang merupakan anak usaha dari MNC Group di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Untuk bisa bertransaksi di sini, para pemodal akan dikenakan fee beli 0,18% dan fee jual 0,28%.

Untuk membuka akun, para investor juga cukup mengeluarkan Rp 100.000 sebagai setoran awalnya. Proses pembukaan rekening di MNC Sekuritas bisa dibilang mudah bahkan bisa dilakukan secara online.

Namun, calon investor yang mau mendaftar sebagai nasabah di perusahaan sekuritas ini perlu memiliki rekening di BCA untuk bisa membuka akun saham di MNC Sekuritas.

9. Philips POEMS ID

Philips POEMS ID

Salah satu aplikasi saham online ini merupakan aplikasi yang dihadirkan oleh Philips Sekuritas. POEMS sendiri memberikan opsi pembukaan rekening dana nasabah yang cukup beragam, mulai dari bank BCA, Mandiri, Permata, hingga Sinarmas.

Aplikasi ini memiliki beberapa layanan unggulan yaitu ProStock yang merupakan layanan untuk berinvestasi secara realtime, aman, dan mudah dimana kalian bisa melakukan analisa fundamental yang didukung oleh laporan perusahaan yang lengkap.

Ada juga Profunds yang merupakan layanan untuk melakukan investasi di supermarket reksa dana online dan memiliki lebih dari 100 produk reksa dana dari manajer investasi terpercaya di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau mulai dari Rp 50.000.

10. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas

Mandiri sekuritas hadir dengan aplikasi trading saham bernama MOTS yang dirancang dengan sistem user interface atau tampilan antarmuka yang ramah terhadap pengguna baru atau investir saham pemula.

Fee jual saham di MOST adalah sebesar 0,29% per transaksi dan fee belinya sebesar 0,18%. Pendaftaran MOST sendiri dilakukan secara daring. Selain itu, Mandiri Skuritas menghadirkan dukungan pelatihan secara tatap muka maupun online bagi para investor saham. Ada juga akses penuh ke riset harian dari para analisis profesional di Mandiri Sekuritas.

Itulah beberapa aplikasi saham yang bisa kalian jadikan pilihan. Namun, jangan lupa untuk memilih mana yang lebih cocok dengan budget yang kalian punya saat ini dan mana yang lebih kalian percayai ya. Semoga bermanfaat.